Daftar Lagu Exo Enak Didengar Terbaru Lengkap Terbaik

by | Thursday, January 4, 2018







EXO adalah sebuah grup penyanyi pria atau boyband asal Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011, grup ini debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang terbagi menjadi dua subgrup, EXO-K dan EXO-M, dengan masing-masing subgrup tersebut menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin. Baca juga : Lagu Super Junior Terpopuler


exo logo



EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan singel hit "Growl". XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15. Album ini terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.[1] Dengan penjualan album studio dan album mini berikutnya yang sangat laris, EXO dinobatkan sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea untuk tahun 2014 dan 2015. Awak media menyebut mereka sebagai "boyband terbaik di dunia" dengan mengatakan bahwa "EXO berada di posisi terdepan dominasi pop, dengan koreografi tajam dan gesit yang diperkuat dengan lagu yang dibuat oleh beberapa penulis dan produser paling berbakat di dunia, serta diasah oleh segudang kepribadian dan bakat mereka.

Pada Mei 2014, Kris melayangkan gugatan kepada S.M. Entertainment untuk mengakhiri kontraknya dengan agensi tersebut.[5] Luhan menyusul mengirim gugatan pada Oktober 2014 dengan tujuan yang sama.[6] Pada April 2015, Tao mengakhiri kegiatannya bersama EXO dan melempar gugatan terhadap S.M. Entertainment pada Agustus 2015.[7] Menyusul hengkangnya tiga anggota tersebut, EXO kini aktif dengan sembilan anggota. Pada Juli 2016, diumumkan bahwa masalah gugatan pemutusan kontrak antara Kris dan Luhan dengan SM Entertainment sudah resmi berakhir dengan kesepakatan kontrak keduanya dengan SM masih tetap berlaku hingga tahun 2022.

Pada Mei 2011, dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang digelar di Universitas Stanford, Lee Soo-man membicarakan tentang strategi untuk mendebutkan boy band baru di mana mereka akan dibagi menjadi dua subgrup dan melakukan promosi lagu yang sama secara serentak di Korea Selatan dan Tiongkok, yakni dengan membawakan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin.[10] Setelah beberapa perubahan,[11] pada Desember 2011, grup diputuskan untuk diberi nama EXO yang diambil dari planet luar surya (bahasa Inggris: exoplanet). Mereka terbagi dalam dua subgrup, EXO-K ('K' untuk Korea) untuk Korea Selatan dan EXO-M ('M' untuk Mandarin) untuk Tiongkok. Penampilan perdana mereka di televisi adalah pada saat acara tahunan SBS Gayo Daejun pada 29 Desember 2011.

Singel prolog EXO-K dan EXO-M, "What Is Love" dirilis pada 30 Januari 2012 di Korea Selatan dan Tiongkok Daratan.[13] Singel ini menduduki posisi nomor 88 di Tangga Lagu Gaon Korea Selatan. Pada 9 Maret, grup merilis singel prolog kedua mereka, "History",[14] yang ditulis dan dibuat oleh Thomas Troelsen dan Remee. Singel ini menempati posisi nomor 68 di Tangga Lagu Gaon dan nomor 6 di Tangga Lagu Sina di Tiongkok.[15]

Sebuah konser untuk grup ini digelar di Stadion Olimpiade Seoul pada 31 Maret.[16] Sekitar 3.000 penggemar dari 8.000 pendaftar terpilih untuk menghadiri konser tersebut.[17] Konser kedua digelar di aula Universitas Ekonomi dan Bisnis Internasional Beijing pada 1 April.[18]

EXO-K dan EXO-M merilis singel debut "Mama" pada 8 April[19] yang diikuti dengan dirilisnya album mini Mama pada 9 April. Kedua subgrup tersebut akan mempromosikan album secara terpisah di dua negara. Pada 8 April, EXO-K melakukan penampilan debut mereka di program musik Inkigayo, sementara EXO-M membuat penampilan debut mereka di Top Chinese Music Awards pada hari yang sama.[20] Versi Mandarin dari Mama meraih posisi nomor 2 di Tangga Album Sina di Tiongkok, sedangkan album versi Korea menduduki posisi nomor 1 di Tangga Album Gaon[21] dan nomor 8 di Billboard World Album Chart.[22] Video musik "Mama" versi Mandarin menempati peringkat 1 di situs web streaming Tiongkok, sementara versi Korea berada di peringkat 7 di Global Chart YouTube.[23] Pada penghujung April, EXO-M tampil sebagai bintang tamu di tur konser Super Show 4 Super Junior di Jakarta, Indonesia.

Pada bulan November, EXO memenangkan penghargaan 'Grup Pendatang Baru Terbaik' di Mnet Asian Music Awards 2012. EXO-K meraih tiga nominasi di Golden Disk Awards ke-27 dan membawa pulang penghargaan 'Artis Pendatang Baru Terbaik'. EXO-M menerima penghargaan 'Grup Paling Populer' di Top Chinese Music Awards 2013.

Album studio pertama grup, XOXO dirilis pada Juni 2013 dalam dua versi: edisi "Kiss" untuk album berbahasa Korea dan edisi "Hug" untuk album berbahasa Mandarin. Tidak seperti era Mama di mana EXO-K dan EXO-M melakukan promosi album secara terpisah, XOXO dipromosikan sebagai satu grup; terutama di Korea Selatan. EXO merekam bersama singel utama "Wolf", namun sisa lagu dari album ini direkam secara terpisah. Kedua versi secara bersamaan menduduki posisi puncak Billboard World Album Chart satu minggu setelah dirilis.

Sebuah album kemas ulang dari XOXO yang berjudul Growl dirilis pada 5 Agustus 2013 dengan tiga lagu tambahan. Singel utama album ini, "Growl", dirilis pada 1 Agustus 2013. "Growl" meraih 10.554 poin di tangga lagu Inkigayo dan sukses mengukir rekor baru sebagai peraih skor tertinggi pada program musik tersebut.[25] "Growl" meraih posisi nomor 1 di seluruh empat program musik besar Korea dan memenangkan 10 trofi dalam tiga minggu berturut-turut. Singel ini menduduki posisi nomor 3 di tangga lagu Billboard Korea K-Pop Hot 100[26] dan nomor 2 di Tangga Lagu Gaon. Hingga Desember 2013, semua versi XOXO telah terjual sebanyak satu juta kopi[27] dan mengantarkan EXO sebagai penyanyi Korea pertama yang menjual lebih dari satu juta kopi album dalam 12 tahun terakhir, serta memecahkan rekor sebagai penyanyi dengan penjualan album K-pop tercepat sepanjang masa. XOXO dianugerahi penghargaan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards 2013 dan menjadikan EXO sebagai boy band termuda yang pernah memenangkan penghargaan tersebut. XOXO menjadi album dengan penjualan terbaik di Korea Selatan pada tahun 2013 dan sukses menyabet penghargaan 'Disk Daesang' di berbagai ajang penghargaan seperti Golden Disk Awards dan Seoul Music Awards.[28]

Album mini kedua EXO, Miracles in December, dirilis pada 9 Desember 2013 sebagai album spesial musim dingin.[29] EXO memulai promosi untuk album ini melalui acara realitas mereka, EXO's Showtime yang tayang perdana pada 28 November 2013 di saluran kabel MBC Every 1.[30] Baekhyun, Chen dan D.O. membawakan singel utama "Miracles in December" di M! Countdown pada 5 Desember. Luhan juga ikut bergabung bersama trio tersebut di program musik lainnya.

EXO mengakhiri tahun 2013 dengan enam album bertengger di 10 teratas dalam daftar penjualan album terbaik Gaon, yakni semua album mereka yang dirilis pada tahun 2013 baik versi Korea maupun Mandarin, serta album mini debut Mama.

Album mini ketiga EXO, Overdose, dirilis pada 7 Mei 2014.[32] Awalnya album ini direncanakan untuk dirilis pada 21 April, namun ditunda akibat Tragedi Feri Sewol pada 16 April. Kegiatan promosi untuk Overdose sama seperti Mama, di mana EXO-M akan melakukan promosi di Tiongkok dan EXO-K di Korea Selatan. Album ini mencapai pra-pemesanan hingga 660.000+ kopi sebelum dirilis, sehingga menjadi album mini dengan pra-pemesanan terbanyak dalam sejarah K-pop.[33] Versi Korea juga meraih posisi nomor 2 di Billboard World Album Chart dan nomor 129 di tangga album Billboard 200, mengantarkan EXO sebagai grup K-pop pria dengan posisi tertinggi di tangga album Billboard 200.[34][35] Overdose menjadi album dengan penjualan terbaik di Korea Selatan pada tahun 2014 dan merupakan album mini pertama yang pernah memenangkan penghargaan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards.[36] Hingga akhir tahun, EXO adalah penyanyi K-pop dengan penjualan terlaris di Jepang pada tahun itu.

Pada 15 Mei 2014, S.M. Entertainment mengkonfirmasi bahwa leader EXO-M, Kris, telah melayangkan gugatan kepada agensi untuk mengakhiri kontraknya dan menyatakan pelanggaran hak asasi manusia sebagai alasan utama.[38] Pada 10 Oktober, Luhan EXO-M juga mengirim gugatan kepada S.M. Entertainment untuk memutuskan kontraknya dengan agensi tersebut karena masalah kesehatan dan diperlakukan berbeda dibandingkan anggota dari Korea.

S.M Entertainment mengumumkan bahwa EXO akan melanjutkan promosi dengan 10 anggota. Grup menggelar konser solo pertamanya bertajuk Exo from Exoplanet 1 – The Lost Planet yang dimulai pada 24 Mei di Olympic Gymnastics Arena, Seoul.[41] Tiket konser terjual habis hanya dalam kurun waktu 1,47 detik, memecahkan rekor untuk penjualan tiket konser tercepat di Korea.

Hingga saat ini Exo telah mengeluarkan beberpa album studio yaitu:
¤ Album XOXO (2013)
¤ Album EXODUS (2015)
¤ Album EX'ACT (2016)
¤ Album THE WAR (2017)

Dan berikut ini adalah beberapa Kumpulan Daftar Lagu Exo Terpopuler Enak Didengar Terbaru Lengkap Terbaik versi blog zonanesia:
  1. Ko Ko Bop
  2. Growl
  3. Monster
  4. HISTORY
  5. Electric Kiss
  6. CALL ME BABY
  7. Power
  8. LOVE ME RIGHT
  9. Lucky One
  10. The Eve
  11. Baby, Don't Cry
  12. Wolf
  13. Dancing King
  14. Lotto
  15. Miracles in December
  16. Don't Go
  17. For Life
  18. LIGHTSABER
  19. Tell Me What Is Love
  20. Mama - Chinese Version
  21. Sing for You
  22. The First Snow
  23. Artificial Love
  24. Lucky
  25. Coming Over
  26. Peter Pan
  27. My Lady
  28. My Turn To Cry
  29. MY ANSWER
  30. TRANSFORMER
  31. Let Out The Beast
  32. Promise



Demikian artikel kali ini tentang Daftar Lagu Exo Bagus Terpopuler dan Enak Didengar semoga bermanfaat, terima kasih. Baca juga : Lagu Big Bang Terpopuler






Artikel Menarik Lainnya :