Manfaat Petai untuk Kesehatan atau Pengobataan

by | Saturday, April 1, 2017







Tidak diragukan lagi sebagian orang menyukai makanan ini dan tidak sedikit orang yang menghindari makanan ini dikarenakan bau khas yang ditimbulkannya. Makanan ini biasa kita sebut dengan nama Petai atau Pete. Petai memiliki nama latin yaitu Parkia Speciosa. Petai bisa dimakan sebagai lalapan ataupun pelengkap masakan karena rasanya yang enak (untuk yang suka makanan ini). Baca juga Manfaat Mengunyah Permen Karet


Kandungan asam amino yang mengandung unsur sulfur inilah yang membuat petai menghasilkan bau yang khas. Tapi tahu kah kamu kalau petai kaya akan manfaat. Beberapa manfaat petai yaitu :


Petai



1. Meredakan Depresi

Petai memiliki kandungan zat tryptophan. Zat tryptophan inilah yang dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks, memperbaiki mood dan merasa lebih bahagia.


2. Mengatasi Gangguan PMS

Kamu semua pasti sudah tahu donk ketika dalam kondisi PMS, mood bisa tiba-tiba berubah ataupun tidak stabil. Sama halnya seperti dijelaskan sebelumnya bahwa dalam petai terdapat kandungan zat tryptophan, zat inilah yang dapat membantu menstabilkan mood kamu. Selain itu, kandungan vitamin B1 yang terdapat di dalam petai dapat mengatur kadar gula darah dan juga membantu memperbaiki mood kamu.


3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Buah petai juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan dapat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan konitif seperti mengingat dan mempersepsikan melalui indra.


4. Mencegah Terjadinya Kegemukan

Wow ternyata petai juga dapat membantu mencegah kegemukan lho, kok bisa y??. Karena kandungan serat yang tinggi di dalam petai dapat mengikat lemak di dalam tubuh. Tapi bukan berarti kamu harus selalu makan petai y hehehe...Tetap jaga pola makan dan berolahraga y.


5. Mencegah Serangan Stroke

Ternyata menurut salah satu penelitian ” The New England Journal of Medicine” mengkonsumsi petai dapat membantu mengurangi resiko serangan stroke.


6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam petai juga dapat membantu mencegah terjadinya anemia seperti lemah, letih, lesu, lunglai, lemas atau sering kita sebut dengan 5L.


7. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Buat kamu yang pingin berhenti merokok bisa dicoba nih. Kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium dalam petai ternyata juga dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok dan mempercepat efek penghentian nikotin dalam tubuh kamu.



Nah sudah tahu kan beberapa kandungan dan manfaat petai. Bagi kamu yang tidak suka boleh dicoba dulu y, siapa tau awalnya ngak suka malah jadi ketagihan. Ibarat perasaan awalnya benci bisa jadi suka hehehe....Dan bagi kamu yang suka tetap jangan berlebihan y karena apapun itu jika sudah berlebihan akan berdampak ngak baik. Baca juga Khasiat Minum Air Bagi Tubuh






Artikel Menarik Lainnya :