Karawang Mulai Diincar Pengembang Raksasa

by | Tuesday, August 2, 2016




Karawang mungkin bukanlah sebuah kawasan sekitar Jakarta yang sangat terkenal seperti Bekasi atau Cikarang. Namun, Karawang terus tumbuh; terutama di bidang industri. Kini makin banyak perusahaan yang membuka keran industrinya di Karawang, baik itu perusahaan domestik maupun multinasional.

Developer property


Hal ini terlihat dari adanya sembilan kawasan industri besar di Karawang seperti Artha Industrial Hill, GT Tech Park, Mitra Karawang, KI Kujang, Podomoro Industrial Park, Karawang Jabar Industrial Estate, KI Surya Cipta, Bukit Indah City, hingga Karawang International Industrial City di sana.

Tidak hanya itu, Karawang kini juga sudah semakin berkembang dari sisi infrastruktur. Kini, ada Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang, dan juga Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang melintasi Karawang. Tidak sampai di sana, salah satu stasiun kereta cepat sendiri rencananya akan dibangun di kabupaten berpopulasi 2,28 juta penduduk ini.

Infrastruktur yang ada membuat banyaknya pengembang mulai membangun perumahan di Karawang. Tidak hanya di bidang perumahan, sektor ritel juga ikut meroket seiring dengan pembangunan yang ada. Hal ini terjadi pada periode tahun 2014 hingga 2015.

Dengan majunya kawasan ini di bidang industri tentunya akan menarik banyak ribuan karyawan dan ekspatriat. Hal inilah yang menyebabkan adanya kenaikan permintaan akan hunian di daerah Karawang dalam beberapa tahun ke belakang.

Kini, sudah mulai banyak pengembang raksasa yang mulai mengincar kawasan industri ini. Mereka mengubah arah ekspansi untuk membangun di Karawang, karena Karawang dinilai menjanjikan untuk pertumbuhan.

Beberapa pengembang besar seperti Summarecon Agung (SMRA), Sinarmas Land, Agung Podomoro Land (APLN), Lippo Group, hingga Djarum Group mudah mulai mengekspansi kawasan ini. Sinarmasland misalnya, sudah memulai portofolio mereka dengan membangun Karawang International Industrial City.

Di ibu kota Jakarta, Sinarmas Land telah menunjukkan tajinya. Sinarmas Land merupakan perusahaan di balik mega proyek bernilai triliunan rupiah. Beberapa proyeknya di Jakarta adalah Sinarmas Land Plaza, Wisma Eka Jiwa, Plaza Indonesia, Mal Mangga Dua, Mal Ambassador. Sinarmas Land juga ikut membangun beberapa Trade Center seperti ITC Kuningan, Mangga Dua, Cempaka Mas.






Artikel Menarik Lainnya :