Macam-Macam Jenis Dongeng dan Pengertiannya

by | Wednesday, December 2, 2015




Macam-Macam Jenis Dongeng dan Pengertiannya - Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Biasanya disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang serta berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur. Baca juga Cerita Dongeng Cinderella

dongeng


Nah berikut adalah beberapa macam jenis-jenis dongeng dan contohnya:
  1. Mite/Mitos merupakan bentuk dongeng yang menceritakan hal-hal gaib seperti cerita tentang dewa-dewi, makhluk halus, peri ataupun Tuhan. Contohnya : dongeng Nyi Rara Kidul dan Nyi Blorong.
  2. Legenda merupakan bentuk dongeng yang menceritakan tentang suatu pristiwa mengenai asal usul suatu benda atau pun tempat. Contohnya : dongeng Malin Kundang dan Asal Usul Kota Banyuwangi.
  3. Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Contoh : Prabu Sili Wangi.
  4. Fabel adalah sebuah dongeng yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Contoh : Hikayat sang Kancil.
  5. Parabel adalah dongeng perumpamaan yang di dalamnya mengandung kiasan-kiasan yang bersifat mendidik. Contohnya Sepasang Selot Kulit.
  6. Dongeng orang pendir adalah jenis cerita jenaka yang di dalamnya dikisahkan kekonyolan-kekonyolan yang menimbulkan gelak tawa dari tingkah laku seseorang karena kebodohannya, bahkan sering kali karena kecerdikannya. Contohnya Si Kabayan dan Aki Bolang.


Demikian artikel kali ini tentang Macam Jenis Jenis Dongeng dan Contohnya Semoga bermanfaat. Baca juga Alasan Kenapa Warna Ban selalu Hitam






Artikel Menarik Lainnya :