Soal Tes Buta Warna Lengkap Online Ishihara

by | Wednesday, June 15, 2016




Soal Tes Buta Warna Lengkap Online Ishihara - Tes buta warna sangat dibutuhkan bagi sebagian orang yang di haruskan untuk melakukan beberapa tes ketika melamar sebuah pekerjaan atau mau masuk Perguruan Tingggi. Penyakit Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidak mampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis. Baca juga Contoh Soal Tes Psikotes

Penyebab Buta warna adalah karena adanya kelainan maupun gangguan dan kerusakan pada sel kerucut di dalam retina mata. Sehingga hal ini bisa menyebabkan seorang anak menderita buta warna dan tidak bisa dan mampu untuk menangkap spektrum warna tertentu. Kelainan buta warna pada anak akan bisa menyebabkan dan juga mempengaruhi kemampuan belajar dan kualitas hidupnya di kemudian hari kelak.

Jenis penyakit buta warna ini terbagi menjadi dua yaitu :
Buta Warna Total

Dalam hal ini seorang anak yang menderita buta warna jenis ini maka dia hanya bisa mengenali warna hanya dua saja yaitu warna hitam dan warna putih.

Buta Warna Parsial (Sebagian)

Dalam hal ini seorang penderita buta warna parsial mengalami defisiensi (kekurangan) pigmen sel warna di dalam sel retina matanya. Sehingga akan mengalami kesulitan dalam membedakan warna-warna tertentu, Buta warna yang paling umum terjadi adalah kekurangan pigmen merah dan hijau. Pengaruhnya, seseorang kesulitan mengidentifikasi warrna merah dan hijau atau campurannya. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini adalah 99% laki-laki.

Bagaimana cara menguji seseorang menderita buta warna atau tidak?

Dilakukan tes Ishihara. Tes Ishihara adalah tes buta warna yang dikembangkan oleh Dr. Shinobu Ishihara. Tes ini pertama kali dipublikasi pada tahun 1917 di Jepang. Sejak saat itu, tes ini terus digunakan di seluruh dunia, sampai sekarang. Tes buta warna Ishihara terdiri dari lembaran yang didalamnya terdapat titik-titik dengan berbagai warna dan ukuran. Titik berwarna tersebut disusun sehingga membentuk lingkaran.Warna titik itu dibuat sedemikian rupa sehingga orang buta warna tidak akan melihat perbedaan warna seperti yang dilihat orang normal (pseudo-isochromaticism).

Jika Anda merasa kurang yakin apakah Anda buta warna atau tidak, Anda dapat menguji dengan melihat tes buta warna ala Ishihara. Dengan tes ishihara Anda dapat mengetahui apakah buta warna atau tidak. Kadang sesorang bisa membedakan warna dengan sempurna tetapi sebagian orang mengalami buta warna parsial pada warna- warna tertentu dan sedikit orang yang mengalami buta warna total. Untuk memastikan hal ini tidak ada salahnya jika Anda mengecek mata Anda dengan test ala ishihara ini. Nah berikut adalah contoh soal Tes Buta Warna Online Lengkap dan Terbaru :

Contoh Tes Buta Warna Angka :

tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 7


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 45


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 6


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 73


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 74


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat angka 26


Contoh Tes Buta Warna Bentuk bidang :


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat bentuk lingkaran, bintang, dan kotak


tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat bentuk kotak dan lingkaran


Contoh Tes Buta Warna Huruf :

tes buta warna



Mereka yang memiliki penglihatan normal akan melihat huruf A, Y, P, L

Semoga artikel Soal Tes Buta Warna Lengkap dan Terbaru dapat bermanfaat buat Anda sekalian, jadikan ini sebagai referensi untuk Anda yang ingin mengecek apakah mata Anda dalam kondisi normal, tetapi agar lebih jelas lebih baik Anda berkonsultasi kepada Dokter spesialis mata untuk memastikan mata Anda dalam kondisi baik-baik saja. Baca juga Contoh Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja






Artikel Menarik Lainnya :