Buku Tabungan Hilang Bank BCA, BNI, Mandiri, dll

by | Saturday, March 26, 2016




Halo Sobat, apakah Sobat memiliki rekening di bank? Jika iya pasti punya buku tabungan kan? Nah yang jadi pertanyaan bagaimana kalau buku tabungan kita hilang? Apabila ini yang sedang terjadi pada Sobat, jangan khawatir karena Admin juga pernah mengalaminya. Sebelum Saya memberitahu caranya kita ketahui dulu apa sih Buku Tabungan itu? Buku Tabungan adalah passbook yaitu buku yang dikeluarkan oleh bank yang mencantumkan jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan di suatu bank yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertulis pada buku dimaksud sehingga tidak dapat diperjual-belikan atau dipindahtangankan; buku tersebut harus diperlihatkan pada setiap penyetoran ataupun penarikandan pada saat membukukan bunga; buku itu biasa juga disebut sebagai buku bank; di beberapa bank, buku bank sudah tidak digunakan, sebagai pengganti nasabah bank diberikan tembusan bukti transaksi penyetoran. Baca juga Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dan BCA

buku tabungan bank bca


Ini adalah pengalaman saya (benar-benar terjadi bukan bohong). Beberapa bulan yang lalu saya sedang mencari buku tabungan di rumah saya dan tidak juga menemukannya, sebenarnya saya memang sudah tidak pernah menggunakannya selama 1-2 tahun ini karena sering bertransaksi menggunakan kartu ATM. Pada awalnya Saya merasa bingung, apa yang harus Saya lakukan? Nah pada saat itu saya langsung mencari berbagai info di internet tentang bagaimana prosedur pengurusan buku tabungan yang hilang supaya bisa diganti oleh bank yang bersangkutan. FYI (for your information) Saya adalah nasabah di Bank BCA, namun jika Sobat bukan nasabah bank BCA, dan merupakan nasabah bank lain misalnya: bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Danamon dan lain-lain, tidak usah khawatir karena caranya sama saja. Nah berikut adalah langkah-langkah cara mengurus buku tabungan hilang bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Danamon dan lain-lain:

Pertama, pergilah ke polsek tempat Sobat tinggal kemudian minta surat kehilangan (biaya Rp 10.000,00), ini optional karena pada waktu itu pas di kantor bank BCA, mbak CS-nya tidak menyuruh membuatnya mungkin lupa (karena melihat kegantengan Saya.... wkwkwk) padahal sudah Saya buat. Untuk berjaga-jaga sebaiknya buat saja daripada nanti Sobat bolak-balik.

Baca juga Cara Transfer Uang Lewat Atm

Kedua, Pergi ke Bank BCA tempat Sobat membuka rekening pertama kali.

Ketiga, datang ke Customer Service, kemudian bilang kalau buku tabungan Sobat hilang. Nanti Sobat akan ditanya dimana, kapan buku tabungan hilang? Lalu Sobat disuruh memberikan KTP, Kartu ATM BCA, dan Surat Keterangan Kehilangan dari polisi tadi.

Keempat, data-data Sobat akan dicek terus ditanya-tanya buat memastikan kalau tidak ada penipuan. Misalnya seputar saldo terakhir Sobat, kapan terakhir transfer-ke siapa-berapa nominalnya, nama orang tua (biasanya nama ibu), tanda tangan untuk dicocokan dengan tanda tangan di KTP dan Kartu ATM.

Kelima, Setelah itu Sobat akan disuruh mengisi kembali formulir seperti saat pertama kali membuat rekening (pada waktu itu Saya diisikan oleh mbak CS-nya) kemudian tanda tangan memasukkan pin.

Keenam, Selesai, buku tabungan baru akan diberikan kepada Sobat. nomor rekeningnya, saldo rekening tidak akan berubah. Pada waktu itu saya dikenakan biaya Rp 5.000,00. Untuk pergantian buku tabungan yang hilang di bank lain akan di kenakan biaya yang berbeda sesuai ketentuan bank Sobat.Tambahan! biaya pergantian di beberapa bank, BCA Rp 5.000, BRI Rp 15.000 BII Rp 10.000, Mandiri Rp 20.000 BNI Rp 15.000.

Demikian artikel kali ini, tentang pengalaman Saya kehilangan buku tabungan, bagaimana Sobat mudahkan? Ternyata tidak ribet ditambah dengan pelayanan dari CS-nya yang ramah dan baik, serta tidak usah menunggu lama cukup setengah jam sudah selesai jika Sobat lama menunggu biasanya akan diberi minuman dan snack, semoga bermanfaat.






Artikel Menarik Lainnya :