Contoh Soal Tes Psikotes Kerja Online dan Jawabannya

by | Saturday, February 27, 2016




Tips Lulus dan Contoh Soal Tes Psikotes Kerja Online dan Jawabannya Terbaru - Apakah kamu sedang melamar pekerjaan entah itu di Perusahaan Negeri ataupun Swasta? Kalau ya, pasti pernah mendengar tentang Tes Psikotes 'kan? Kalau belum pernah simak penjelasannya berikut ini.

Menurut wikipedia, Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis psikometri. Dengan sampel perilaku, satu berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respons ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma.

Baca juga Tips Cara Menyembuhkan atau Mengurangi Mata Minus

Biasanya tes ini digunakan sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon karyawan/pegawai baru di Perusahaan. Tes psikotes ini bertujuan untuk mengukur aspek individu secara psikis baik kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Sebenarnya untuk mengerjakan tes psikotes itu mudah tapi masih banyak orang yang gagal dalam tes ini. Macam-macam tes psikotes kerja ada 4 yaitu Tes IQ, Tes Kepribadian, 3. Tes Kemampuan, dan Tes Kreatifitas. Untuk itu blog zonanesia akan memberikan sedikit bocoran dan jawaban kepada kamu semua untuk mengerjakannya. Nah berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes, serta tips dan trik, serta jawabannya terbaru yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.

Pertama Tes Wartegg

Soal Tes Wartegg

tes wartegg


Dalam tes wartegg ini Anda disuruh untuk menggambar sesuatu dari bentuk diatas. Tips untuk mengerjakannya adalah
  1. Jangan menggambar sesuai urutan gambar, contoh: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. (Anda akan dipandang sebagai orang yang kaku atau konservatif)
  2. Gambarlah secara acak, contoh: 3, 1, 4, 2, 7, 5, 8, 6.(Anda akan dipandang sebagai orang yang bergerak kreatif, dan inovatif)
  3. Jangan menggambar mulai dari nomor 5 jika Anda seorang laki-laki. (ini berpengaruh terhadap orientasi seks Anda)
  4. Cobalah untuk menggambar benda hidup untuk garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.


Contoh Jawaban Soal Tes Wartegg

jawaban tes wartegg



Kedua, Tes Menggambar Orang (draw a man test) dan Tes Menggambar Pohon (baum tree test)


Tes ini berjuan bukan menilai aspek estetika dari gambar yang Anda buat, tetapi menilai bagaimana persepsi Anda terhadap sebuah instruksi untuk menggambar orang maupun pohon tersebut.

  1. Tips untuk menggambar pohon dalam tes psikotes adalah pohon yang Anda gambar harus pohon yang berkambium, lebih baik lengkap dengan buah dan akarnya, misalnya pohon durian, mangga, rambutan, nangka, dll.
  2. Tips untuk menggambar orang dalam tes psikotes adalah gambarlah orang yang sedang bekerja atau beraktifitas. Misalnya seorang pemain sepak bola yang sedang berlatih, Pak Guru yang sedang mengajar murid, Pak Tani sedang mencangkul di sawah, dan lain-lain.


Contoh Gambar Pohon

gambar pohon psikotes


Contoh Gambar Orang

gambar orang psikotes



Ketiga Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Contoh soal EPPS sebagai berikut:

– A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
– B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban
- A. Saya adalah pemimpin yang baik
- B. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan teliti
- A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
– B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki

Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar. Tips untuk mengerjakannya adalah pilihlah salah satu pernyataan sesuai dan ada pada diri Anda jangan keduanya. Untuk menjawabnya lingkarilah huruf A atau B, pernyataan yang sesuai atau mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan atau posisi yang Anda duduki setelah Anda lulus psikotes dan diterima kerja nantinya.


Keempat, Test Kraepelin atau Pauli atau Tes Koran

Soal Tes Kraepelin

tes koran pauli kraepelin


Test Kraepelin atau Pauli atau Tes Koran atau yang sering disebut "hitungan koran" adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tujuan dari tes ini adalah sikap terhadap tekanan, ketahanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian, konsisten, sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan. Tes ini terdiri dari angka 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Cara menjawabnya adalah anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya dalam waktu tertentu. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja.

Tips mengerjakannya adalah Usahakan jumlah angka yang Anda dijumlahkan benar dan stabil di masing-masing kolom. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan Anda memaksakan diri di awal tes namun menurun di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri Anda untuk menghemat tenaga dan waktu sembari mendengar setiap perintah.


Kelima Tes Logika Penalaran.

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

tes penalaran


Pada Tes ini Anda disuruh untuk membuat prediksi dari pola-pola/kecenderungan tertentu dalam wujud gambar seperti tes IQ. Tips untuk mengerjakan tes logika penalaran adalah harus konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena pola-pola yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama. Jika Anda belum bisa mengerjakan salah satu soal segera lompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah, karena waktu terus berjalan.

Baca juga: Soal Tes Buta Warna Lengkap Online Ishihara

Karena artikel ini sangat panjang sementa Saya cukupkan dulu tentang tips dan trik mengerjakan tes psikotes, untuk tes keenam hingga seterusnya akan dibahas pada artikel berikutnya.

Keenam, Tes Analog Verbal (analogi/padanan, sinonim dan antonim kata)

Ketujuh, Tes Logika Aritmatika

Kedelapan House Tree Person Test (HTP)

Kesembilan Tes Potensial Akademik (TPA)

Kesepuluh Tes Army Alpha

Kesebelas Tes Ketelitian

Kedua belas Tes Kode Ingatan

Ketiga belas Tes Spasial

Keempat belas Tes Skala Kematangan (TSK),

Kelima belas Tes Kerjasama

Keenam belas Tes Potensi Sukses

Demikian artikel kali ini semoga dapat menjadi referensi Anda agar bisa lolos dalam tahap ini dan cepat diterima kerja.






Artikel Menarik Lainnya :