Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online

by | Sunday, February 21, 2016




Di era modern dan semakin berkembangnya teknologi seperti saat ini setiap orang ingin segala sesuatu serba instan, cepat, serta mudah, misalnya jika mau makan maka ada mie instan, mau pergi jauh ada mobil/motor, mau menghubungi saudara yang jauh ada ponsel, dan lain-lain. Dan yang terbaru adalah jika mau berbelanja tapi tidak ingin pergi jauh maka bisa berbelanja online.

toko online


Apa itu belanja online? Belanja online atau daring (dalam jaringan) adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet. Contoh situs web toko online terbaik di Indonesia antara lain : OLX, Lazada, Bukalapak, Elevenia, Tokopedia, blibli, dll.

Kita semua pasti tahu jika segala sesuatu yang dilakukan pasti ada konsekuensinya, misalnya berbelanja di toko online ini. Dan berikut ini adalah Keuntungan/Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online versi blog Zonanesia.

Baca juga Kode Rahasia Android

Kelebihan Belanja di Toko Online:
  1. Pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Pembeli cukup klik ke web yang dituju dan memilih barang yang dikehendaki.
  2. Pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah.
  3. Penjual dapat menekan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup memasarkan produknya melalui Internet.
  4. Pemasaran produk bisa mencapai seluruh dunia dengan biaya yang murah.


Kekurangan Belanja di Toko Online:
  1. Kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website.
  2. Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim.
  3. Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos.
  4. Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet.
  5. Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual.


Baca juga Daftar PPC Terbaik Luar Negeri di Dunia

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.






Artikel Menarik Lainnya :