Cara Mengendarai Motor Matic bagi Pemula

by | Thursday, January 7, 2016




Motor Matic. Siapa yang tidak kenal dengan jenis sepeda motor yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri jika motor matic saat ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama para cewek/wanita/ibu-ibu namun tidak jarang pula para kaum adam yang mengendarainya. Ini dikarenakan untuk menggunakannya terbilang lebih mudah dan tidak ribet yaitu cukup hanya menarik tuas gas saja maka motornya bisa jalan, apabila dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport yang menggunakan perseneling dan kopling maka mengendarai motor matic sangat mudah. Walaupun begitu bagi pemula atau yang baru belajar mengendarai jenis sepeda motor ini yang masih saja belum bisa untuk mengendarainya. Contoh motor matic : honda beat, vario, scoopi, yamaha mio, xeon, dll. Baca juga : Oli Motor Terbaik

Motor Matic


Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya yang diperlukan adalah menjaga keseimbangan, jika Anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya maka ini tidak akan menjadi masalah. Nah berikut ini adalah langkah-langkah atau cara supaya Anda cepat bisa Mengendarai Motor Matic bagi Pemula (sebaiknya ditemani orang yang sudah ahli).

Pertama adalah ketahui bagian-bagian motor.

Bagian-bagian motor misalnya tuas gas, rem depan dan belakang, tombol starter, tombol lampu sein, standart samping(jagang), spion, dll.

Kedua adalah menyalakan motor.

Beberapa motor matic memiliki fitur pengaman seperti motor tidak dapat distarter jika posisi standart samping diturunkan. Untuk mengidupkan motor naikkan standart samping ke atas. Berikut adalah cara yang benar mengnyalakan motor matic:
  1. Naikkan standart samping ke atas
  2. Putar kunci kontak ke arah ON(lampu berwarna hijau)
  3. Tekan tuas kunci roda belakang atau rem belakang, dan tekan starter elektrik, maka motor menyala.


Ketiga adalah jalankan motor.

Tarik gas perlahan-lahan dan rem ketika motor mulai bergerak sedikit, ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan. Setelah itu mulailah untuk menarik gas lebih dalam sampai motor berjalan. Usahakan tetap menjaga keseimbangan dan terus berkonsentrasi serta tetap tenang dan rileks. Cobalah latihan berkendara di jalan lurus, tikungan, jalan menanjak dan turunan, serta berhenti.

Pada waktu berhenti yang harus dilakukan adalah jangan menarik rem langsung satu tarikan penuh saat Anda sedang melaju, ini akan mengakibatkan Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh. Sebaiknya kurangi kecepatan motor secara perlahan-lahan, lalu tariklah tuas rem sesuai keadaan, dan insting Anda, maka motor akan berhenti.

Coba lakukan kegiatan ini secara terus menerus sampai tubuh terbiasa dengan cara membawa kendaraan tersebut, maka dalam waktu singkat Anda akan bisa mengendarai motor matic dengan baik dan lancar. Baca juga Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan






Artikel Menarik Lainnya :