Cara Mengendarai Motor Kopling bagi Pemula

by | Thursday, January 7, 2016




Berdasarkan cara mengendarainya sepeda motor dapat dibedakan menjadi 3 yaitu motor matic, kopling otomatis, dan kopling manual. Untuk motor matic lihat panduannya pada artikel sebelumnya DISINI. Untuk motor kopling otomatis biasa digunakan pada motor bebek. Sedangkan untuk sepeda motor yang menggunakan kopling manual biasanxa adalah jenis motor sport, misalnya kawasaki ninja, honda megapro, cbr, yamaha vixion, r15, r25, ducati, dll. Walaupun begitu ada pula motor bebek yang menggunakannya seperti satria fu, jupiter mx, dll. Nah bagi Anda yang belum pernah mengendarai motor dengan kopling manual sebelumnya dan ingin belajar mengendarai motor kopling manual simak ulasannya berikut ini.

motor sport


Perlu diketahui pada sistem transmisi motor kopling manual biasanya menganut sistem transmisi yang berbeda dibanding motor bebek. Jika pada motor bebek yang pola perpindahanya N-1-2-3-4. Maka pola perpindahan gigi pada kopling manual yaitu 1-N-2-3-4-5-6. Untuk masuk ke gigi 1 kita injak perseneling ke depan/ke bawah tapi jika kita mau menambah gigi ke 2-3-4-5-6 kita cukil atau tarik ke atas tuas persenelingnya.

Berikut ini adalah Cara Mengendarai Motor Kopling yang baik bagi Pemula.

Sebelum latihan mengendarai ketahui bagian-bagian motor Anda, misalnya tuas kopling, handle gas, tuas rem depan dan rem belakang di kaki kanan Anda. Jika sudah simak langkahnya berikut ini :
  1. Silahkan naik diatas motor, lalu nyalakan motor, pastikan posisi transmisi dalam keadaan "Netral" ini biasanya ditandai dengan lampu indikator berwana hijau.
  2. Kemudian tekan tuas kopling yang berada di sebelah tangan kiri Anda,
  3. Masuk ke gigi 1 dengan menekan perseneling ke depan menggunakan kaki kiri Anda.
  4. Tarik gas berbarengan dengan melepas tuas kopling (Jangan dilepas sepenuhnya sebelum motor berjalan, hal ini akan memicu motor Anda melompat atau mesinnya mati)
  5. Setelah motor berjalan secara perlahan lepas tuas kopling, Nah langkah selanjutnya melakukan pergantian transmisi dari 1 ke 2 ini dilakukan kira-kira perjalanan motor Anda sudah agak tenang. Silahkan tarik tuas kopling dan tuas gas dilepas berbarengan dengan menarik tuas kopling lalu pindah gigi perseneling ke atas menggunakan kaki kiri Anda.
  6. Setelah gear berpindah/naik, lepas kopling dan tarik gas
  7. Untuk perpindahan transmisi ke 3, 4, 5, 6 sama dengan memasukkan gigi 2.
  8. Untuk menurunkan kecepatan, yaitu dengan mengurangi posisi gigi kalau sekarang posisi di gigi 4 silakan turunkan ke gigi 3 dengan cara kurangi kecepatan dengan mengurangi gas, tekan tuas kopling lalu tekan perseneling gigi kearah bawah.
  9. Setelah gigi di posisi 3 lalu lepas tuas kopling perlahan. Untuk kopling manual gear bisa dipindahkan lebih dari 1 gear sekali tarik kopling. Bisa dari gear 4 ke 3 dan langsung ke 2 tanpa melepas tuas kopling.
  10. Jangan lupa setiap kali roda berhenti tuas kopling harus ditarik agar mesinnya tidak mati. Untuk teknik yang biasa disebut "slep kopling" biasanya diperlukan pada saat stop and go pada jalanan tanjakan.
  11. Untuk berhenti, caranya adalah kurangi kecepatan dengan mengembalikan gigi transmisi ke posisi 1, dengan cara tekan tuas kopling lalu tekan perseneling gigi kearah depan hal ini juga dibarengi dengan mengecilkan atau mengulur handel gas.
  12. Pada Posisi ini juga jangan pernah melepas spontan tuas kopling karena transmisi motor Anda masih dalam keadaan gigi 1. Tekan terus tuas kopling sebelum sistem transimisi motor Anda kembali netral.
  13. Untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi setengah saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  14. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, Anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi "off"


Itulah langkah-langkah dalam mengendarai motor kopling. Latih proses ini berulang-ulang hingga Anda benar benar merasa sudah lancar. Seiring berkembangnya kemampuan Anda dalam mengendarai motor kopling maka Anda pasti bisa mengendarai motor kopling dengan benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan






Artikel Menarik Lainnya :