Cara Mengendarai Motor Bebek bagi Pemula

by | Thursday, January 7, 2016




Salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah sepeda motor berjenis bebek atau biasa disebut dengan istilah underbone. Sejak tahun 90an motor ini sudah popular dan hingga kini motor jenis ini terus berkembang dari desain, teknologi, dan jenis mesinnya. Motor bebek lazimnya memiliki range CC antara 90 – 150 CC dengan konfigurasi 2 silinder, baik 2 tak maupun 4 tak. Motor ini merupakan jenis kendaraan yang praktis, dan lebih efisien dibandingkan transportasi lainnya. Nah bagi Anda yang masih belum bisa mengendarainya simak langkah-langkahnya berikut ini.

sepeda motor bebek


Berdasarkan kesulitannya, maka mengendarai motor bebek dengan kopling otomatis ini lebih mudah daripada motor sport yang menggunakan kopling manual tetapi lebih sulit dibanding dengan motor matic.Jadi kesulitan motor bebek ini ada ditengah-tengah. Perlu anda perhatikan pada sistem transmisi di motor ini menggunakan 4 gigi, kira-kira begini susunannya N-1-2-3-4. Oke tidak usah lama-lama berikut adalah Cara Mengendarai Motor Bebek yang benar. (lebih baik ditemani orang yang sudah mahir mengendarai sepeda motor ini)
  1. Pertama, naik motor Anda
  2. Kedua, masukkan kunci putar ke "ON", pastikan posisi transmisi dalam keadaan "Netral" lampu indikator huruf N berwarna hijau menyala.
  3. Ketiga, hidupkan mesin motor Anda.
  4. Keempat, mulai jalankan motor Anda dengan masukkan perseneling ke gigi 1 caranya adalah tekan tuas perseneling kedepan menggunakan kaki kiri Anda
  5. Kelima, tarik handle gas dengan tangan kanan secara perlahan maka motor akan berjalan.
  6. Keenam, setelah motor berjalan dan suara motor sedikit berteriak masukkan perseneling ke posisi gigi 2 tarik handle gas lagi, dan seterusnya hingga ke gigi 4.
  7. ketujuh, untuk berhenti kurangi kecepatan Anda dengan mengendurkan handle gas kemudian kurangi posisi giginya jika sebelumnya di gigi 4, maka pindah ke 3, terus 2, terus 1, hingga netral dengan cara mekan perseneling ke belakang dengan kaki kiri satu per satu.
  8. Kedelapan, untuk mengendarai di tanjakan, cara adalah dengan mengurangi posisi gigi, jika sebelumnya di posisi gigi 4 dan motor tidak kuat maka pindah ke gigi 3, tidak kuat lagi pindah ke gigi 2 atau gigi 1.


Demikian aritkel kali ini, tentang Cara Mengendarai Motor Bebek bagi Pemula dengan berlatih terus menerus maka kelamaan pasti Anda bisa mengendarainya dengan lancar. Selamat berlatih dan semoga berhasil. Baca juga Oli Mobil Terbaik di Indonesia – Total Quartz






Artikel Menarik Lainnya :