Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi

by | Friday, May 22, 2015




Tidak bisa pungkiri jika smartphone yang paling ditunggu dan dinanti pada tahun 2015 ini adalah Samsung Galaxy S6. Smartphone buatan asal Korea Selatan ini selalu mencuri perhatian para penggila gadget baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia. Ya seri Galaxy S memang selalu menjadi andalan Samsung untuk lini ponsel premium.

Secara resmi Samsung memperkenalkan ponsel premium terbarunya di ajang World Mobile Congress 2015 Di Barcelona, yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Inovasi terbaru Samsung Galaxy ini menjadi salah satu ponsel paling ditunggu, dan digadang-gadang sebagai smartphone tercanggih saat ini yang akan memanjakan penggunanya karena difasilitasi berbagai fitur "high class", baik dari desain, materi, kualitas teknis, resolusi kamera, konektivitas, body dan sebagainya.

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge


Sebagai ponsel terbaik, keduanya memiliki spesifikasi luar biasa, baik dari bagian dalam smartphone maupun luarnya. Serta bahan material keduanya sudah menggunakan lapisan kaca berlapis Gorilla Glass 4 untuk bodi bagian belakang dan layar, serta rangka berbasis metal, maka tidak diragukan akan menambah rasa elegan dan premium jika menggunakannya. Yang membedakan antara keduanya adalah desain layar pada Galaxy S6 Edge terdapat layar melengkung di kedua sisi bagian depan.

Untuk kualitas, tidak perlu diragukan lagi Samsung selalu menawarkan teknologi terbaru dan terbaik untuk semua produknya. Nah, bagaimana Sobat sudah mulai tertarik dengan ponsel pintar Samsung ini, lihat fitur-fitur dan spesifikasi selengkapnya di bawah ini versi blog zonanesia, check it out :

1. Layar Smartphone Terbaik

Dengan layar Super AMOLED 5.1 inchi, serta memiliki resolusi tinggi yaitu Quad HD 2.560x1.440 ditambah kerapatan pixel pada layar pun mencapai 577 ppi. Maka sudah bisa dipastikan layar terlihat sangat tajam, dan teks yang muncul di layar punya detail yang sangat baik serta warna yang terang. Tingkat kecerahan yang ditampilkan patut diacungi jempol. Dengan brightness yang tinggi, visibilitas layar saat berhadapan dengan sinar matahari untuk penggunaan outdoor tidak mengalami penurunan kualitas.

Apalagi pada Samsung Galaxy S6 Edge terdapat dua buah layar lengkungan di sisi kanan dan kiri, yang tidak ada pada smartphone lain. Fitur ini bisa digunakan pemakai untuk mengakses 5 kontak pilihan yang diinginkan dengan melakukan swipe dari tepian layar. Akses tersebut dapat mempermudah untuk menelepon atau mengirim SMS saat memakai ponsel dengan satu tangan. Selain itu dapat memunculkan notifikasi, jam, berbagai informasi tanpa harus menyalakan layar secara penuh.

2. Prosesor Tercepat dan Performa Kencang

Pada dapur pacunya, menggunakan prosessor Quad-core Cortex-A53, yang membawa tenaga 1.5 GHz dan Quad-core Cortex-A57, dengan clock speed 2.1 GHz, GPU Mali-T760MP8, dan RAM 3 GB, ditambah teknologi FinFET 14nm yang mereka gunakan pada chipset Exynos 7420 Octa mampu untuk mendorong performa prosesor hingga 20 persen lebih cepat dan tingkat konsumsi energi baterai yang lebih rendah sampai 35 persen, serta peningkatan produktifitas sampai 30 persen.

Menjalankan segala macam tugas dari browsing, membuka aplikasi, sampai gaming dengan grafis tinggi, semuanya bisa dilahap dengan sangat baik. Animasi serta transisi layar serta antar aplikasi juga berjalan mulus. Dibekali dengan sistem operasi terbaru yaitu Android Lollipop.

3. Kamera Ponsel Terbaik

Salah satu tantangan dalam fotografi smartphone adalah mengatasi pengambilan gambar dalam kondisi low-light, semisal di dalam ruangan atau malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut Keduanya menggunakan sensor kamera belakang dan depan yaitu 16 MP dan 5 MP serta dengan lensa aperture f/1.9 yang mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan tangkapan gambar yang lebih jelas dan detail, serta akurasi warna juga hampir mendekati aslinya. Tak ketinggalan, Samsung turut membenamkan fitur optical image stabilization atau OIS berfungsi untuk meredam getaran tangan.

Selain peningkatan dari segi kualitas gambar, juga ada peningkatan dari sisi lain yakni kecepatan pemakaian. Maklum dengan sifat fotografi smartphone yang sering digunakan untuk foto secara spontan. Untuk mengaktifkan aplikasi kamera dapat diakses hanya dalam 0.7 detik, baik dari posisi lock screen atau saat membuka aplikasi dan browser hanya dengan cara double tap pada tombol Home saja yang merupakan salah satu teknologi smartphone terbaru Quick Launch.

4. Pengisian Baterai Cepat

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge diklaim memiliki waktu isi ulang yang cepat, yaitu men-charge selama 10 menit bisa memberikan daya baterai yang bisa dipakai selama 4 jam. Sementara itu, waktu isi ulang baterai dari kondisi nol hingga seratus persen juga diklaim Samsung hanya membutuhkan waktu kurang dari satu setengah jam. Selain itu, keunggulan lain adalah fitur wireless charging atau isi ulang baterai tanpa kabel.

5. Koneksi Super Cepat

Soal koneksi Internet, merupakan salah satu hal penting untuk sebuah produk smartphone. Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ditunjang dengan LTE Cat.6 yang mampu memberikan kecepatan download hingga 300Mbps dan upload 50 Mbps. Teknologi ini akan membuat pengguna mengakses internet lebih cepat saat browsing maupun bersosial media.

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge


Tak kalah menariknya didalam Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge terdapat beberapa fitur aplikasi lain yang menarik yaitu :
  1. S Health : fitur ini dapat memberikan semua informasi mengenai kesehatan dan olahraga sesuai yang Anda butuhkan dengan tampilan penyimpan data dan status aktivitas olahraga yang membuat anda akan bersemangat dalam menjaga kesehatan.
  2. Samsung Pay : Metode pembayaran Samsung Pay merupakan layanan pembayaran mobile mengandalkan koneksi NFC (Near Field Communication) dan Magnetic Secure Transmision (MST) seperti layaknya menggesek kartu kredit. Dengan MST, Samsung Pay dapat bekerja dengan mesin kartu kredit dan kartu debit, disamping juga dapat bekerja dengan mesin pembayaran NFC. Samsung Pay yang ditanamkan dalam Samsung S6 dan Samsung S6 Edge dipastikan aman karena mereka mengenkripsi nomor kartu kredit Anda atau debit.
  3. Ultra Power Saving Mode : Fitur ini bermanfaat jika kapasitas baterai hanya tersisa 10 atau 15%. Meski konektivitas data internet mati, namun kita masih bisa melakukan panggilan telepon dan SMS. Aplikasi ini juga akan menghitam putihkan layar dengan mengandalkan layar Super AMOLED untuk mengakses ke menu-menu tertentu saja.
  4. S Finder : membantu mencari berbagai macam konten pada perangkat Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Dengan memasukkan kata kunci menggunakan suara, keyboard, atau tulisan tangan menggunakan S Pen anda dapat menemukan aplikasi yang anda butuhkan.
  5. S Voice : fitur suara untuk menanggapi alarm, menjawab panggilan masuk dan mengambil foto.
  6. Aplikasi lainnya yang cukup mengagumkan pada kedua smartphone adalah dukungan keamanan Sekuriti enterprise melalui platform Knox. VP Enterprise Business Team Samsung Electronics Gregory Wade menyebutkan bahwa kedua ponsel menawarkan perlindungan teraman terhadap serangan cyber. Standar keamanannya mendapat persetujuan dari agensi Pemerintah AS, Inggris, dan Finlandia yang dikenal paling ketat dalam pengamanannya.


Setelah menilai secara keseluruhan, maka bisa dikatakan bahwa Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi. Mulai dari kualitas layar, desain, dapur pacunya, kamera, baterai, dan lainya. Sobat dapat merasakan sensasi performa ponsel premium yang dipadukan dengan konsep desain elegan, yang tidak dimiliki smartphone lain.







Artikel Menarik Lainnya :