5 Wisata Kuliner Favorit Di Kota Semarang

by | Thursday, February 5, 2015




5 Wisata Kuliner Favorit Di Kota Semarang - Anda menyukai wisata jalan-jalan sambil mencicipi makanan khas daerah? Ini dia wisata kuliner, wisata kuliner di suatu daerah adalah wajib jika kita sedang berjalan-jalan. Wisata kuliner baru-baru ini juga menjadi gaya hidup atau lifestyle bagi sebagian masyarakat atas kemajuan teknologi. Salah satu kota yang mempunyai jajanan dan makanan khas yang cukup terkenal di Indonesia ini adalah kota Semarang. Baca juga Cara Menghilangkan Ketombe

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah, sebuah kota yang terdapat banyak etnis dan suku di dalamnya. Etnis paling besar yang terdapat di Semarang adalah etnis Cina dan Jawa. Selain itu juga ada etnis Timur Tengah dan juga etnis Belanda, karena jaman dahulu kota Semarang pernah menjadi pusat pemerintahan di jaman penjajahan oleh Belanda. Semarang selain sebagai pusat pemerintahan juga sebagai kota pelabuhan, di mana fungsinya pada masa tersebut adalah sebagai sentra perdagangan.

Bukan hanya keempat etnis yang telah disebutkan saja yang berlabuh, namun juga ada beberapa etnis lainnya seperti India dan rumpun Melayu yang singgah di kota Semarang dengan tujuan berdagang, mencari rempah-rempah, ataupun juga penyebaran agama. Percampuran beberapa etnis tersebut melahirkan suatu budaya baru yang saat ini diterima oleh kebanyakan orang, termasuk kulinernya. Seperti contohnya lunpia, yang berasal dari perpaduan etnis Cina dan Jawa.

gambar tugu muda semarang


Berikut adalah beberapa spot wisata kuliner di Kota Semarang yang wajib Anda kunjungi selama berjalan-jalan dilansir dari beberapa sumber.

1. Nasi Goreng Padang Bangjo

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No. 18

Nasi goreng Bangjo ini terletak tak jauh dari Stasiun Semarang Poncol. Jika Anda pergi ke arah St. Semarang Poncol dari Tugu Muda, tepat satu pertigaan sebelum St. Semarang Poncol belok ke kiri ke Jalan Hasanuddin. Nikmatnya nasi goreng yang kaya dengan bumbu dan rempah-rempah merupakan sajian utama yang ditawarkan.

2. Lunpia Gang Lombok

Lokasi: Jl. Gang Lombok No. 11

Siapa yang tak suka lunpia? Jajanan khas Semarang ini wajib dicicipi ketika Anda sedang berkunjung ke Semarang. Lokasinya terletak di daerah Pekojan, tidak begitu jauh dari Simpang Lima dan Tugu Muda. Bisa jadi, lunpia Gang Lombok ini adalah warung lunpia yang paling tua di Semarang, lho. Lunpia ini enak sekali, tidak berbau dan berisi dengan rebung, udang, dan telur. Pas sekali dinikmati dengan saus lunpia dan daun bawang.

3. Leker Paimo

Lokasi: Jl. Karanganyar, Kedungmundu (Depan SMA Loyola)

Anda pecinta kue leker? Jangan bilang Anda pecinta leker kalau belum mencoba leker Paimo ini. Leker Paimo adalah jajanan terkenal di kota Semarang. Jangan heran, kalau mau mencicip leker Paimo ini antrinya harus setengah mati. Leker Paimo menjual berbagai menu leker, dari coklat keju sampai sosis mozarella. Harga yang terjangkau dan makanannya yang super lezat dan besar menjadi nilai plus!

4. Nasi Gudeg Mbak Tum

Lokasi: Lampu Merah Jl. MT Haryono Peterongan

Bagi Anda yang suka dengan gudeg dan makanan berkuah santan, ini dia surganya. Nasi gudeg mbak Tum sangat terkenal di Kota Semarang karena lezatnya kuah santan dan gudegnya. Menikmati di malam hari akan lebih terasa. Jika hari mulai malam, bersiaplah untuk mengantri karena banyak yang ingin mencoba kelezatan nasi gudegnya.

5. Wisata Kuliner Semawis Pecinan

Lokasi: Jalan Gang Warung, Semawis

Ini adalah satu spot yang menyediakan berbagai macam kulineran di malam hari. Ada banyak sekali tenda-tenda makan yang menjual jajanan dan makanan khas Semarang. Ada pisang plenet, nasi ayam, es duren, siomay, sate ayam dan babi, sampai churros juga ada lho! Pecinan buka hanya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dari pukul 6 sore hingga 9 malam. Jangan sampai Anda melewatkan weekend Anda tanpa mencicipi salah satu makanan di Pecinan ini ya!

Nah itulah 5 tempat wisata kuliner favorit di kota Semarang. Sediakan cukup waktu dan uang untuk mencicipi berbagai macam makanan dan jajanan lain di kota Semarang karena masih banyak yang bisa di eksplor. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Semarang. Selamat menikmati! Baca juga Alasan Cincin Pernikahan Berada di Jari Manis
(Kontributor : Cita Pratiwi)






Artikel Menarik Lainnya :