Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami Tradisional

by | Wednesday, December 17, 2014




Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami Tradisional - Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut manusia, yang membuat tampilan rambut terlihat kotor, rasa gatal pun sering mendera apalagi jika sudah sangat parah ditambah kerontokkan pada rambut.

Penyebab ketombe sendiri ada banyak yang berpendapat karena kurangnya menjaga kebersihan rambut, terlalu banyak menggunakan shampo, faktor stress, faktor cuaca panas yang menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebih sehingga menyebabkan gatal-gatal dan berketombe, faktor usia, faktor obat-obatan, terganggunya kesehatan kulit hingga faktor diet makanan yang berlemak. Akan tetapi, munculnya ketombe sendiri menurut ilmu penelitian disebabkan oleh adanya jamur dalam jumlah yang banyak dalam kulit rambut. Jamur inilah yang menyebabkan kulit kepala mengelupas terus menerus yang menganggu pergantian sel sehat. Hasilnya serbuk-serbuk putih yang kita sebut ketombe. Lalu, bagaimana solusinya? Solusi yang tepat adalah dengan cara melakukan perawatan rambut yang baik dan benar. Termasuk pemilihan shampo anti dandruff atau shampo anti ketombe yang tepat. Baca juga Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kanker

Cara Mengobati Ketombe


Selain menggunakan shampo anti ketombe ternyata disekitar kita terdapat bahan alami tradisional dan berkasiat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi ketombe, simak ulasannya berikut ini :

1. Lidah buaya

Caranya yaitu dengan mengupas lidah buaya secukupnya lalu ambil daging lidah buaya tersebut. Kemudian haluskan dan balurkan pada kulit kepala Anda. Tunggu selama 15 menit. Jika sudah bersihkan kulit kepala serta keramas dengan shampo.

2. Jeruk nipis

Oleskan 2 sendok makan perasan air jeruk nipis pada kulit kepala Anda, lalu pijat-pijat sedikit kulit kepala Anda biar meresap. Setelah itu, diamkan beberapa menit kemudian bersihkan rambut Anda menggunakan air.

3. Cuka Putih

Membilas rambut dengan cuka (Apple Cider Vinegar atau cuka putih) mungkin terdengar seperti ide yang mengerikan, tetapi bisa menjadi cara yang sangat efektif untukmenghilangkan ketombe karena sebenarnya yang bermasalah adalah kulitnya (bukan rambutnya). Dengan cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan lebih banyak ketombe setelah dibersihkan. Caranya yaitu cuka putih dan dicampur dengan segelas air dan jadikan sebagai bilasan terakhir ke kulit kepala saat keramas, pakai secara teratur dan rata, tunggu sebentar dan bilas hingga bersih. Atau anda dapat menggunakan dengan mencampurkan satu sendok cuka dan 3 sendok makan minyak dan shampoo rambut anda.

4. Garam

Basahi terlebih dahulu kulit kepala dan rambut Anda, lalu balurkan garam dengan merata pada kulit kepala. Jika sudah gosok-gosokkan garam tersebut agar meresap ke kulit kepala. Terakhir yakni dengan membilas rambut Anda dengan shampo.

5. Minyak zaitun

Caranya yaitu dengan membalurkan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dengan di pijat perlahan kemudian tunggu hingga 30 menit agar minyak meresap dan yang terakhir bersihkan kulit dengan keramas menggunakan shampo. Bahan alami ini juga dapat mengatasi rambut kering dengan cepat.

6. Minyak Kelapa

Minyak yang di maksud ialah minyak yang terbuat dari kelapa dan santan. Bahan alami ini bisa Anda buat sendiri atau bisa Anda dapatkan di toko kecantikan. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa tetes minyak kelapa lalu usapkan dengan ujung jari Anda dengan merata. Kemudian tunggu hingga 1 jam, dan yang terakhir ialah dengan berkeramas dengan shampo untuk membersihkannya.

7. Jeruk nipis dan Santan

Caranya yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dan santan. Masing-masing dengan takaran 100 ml, lalu aduk sampai rata kedua bahan tersebut. Jika sudah, balurkan pada kulit kepala Anda dengan merata keseluruh kulit kepala sembari di pijat perlahan dan diamkan selama 30 menit. Yang terakhir ialah keramas seperti biasa untuk menghilangkan atau membersihkan kulit rambut Anda.

8. Soda kue

Gunakan segenggam soda dan gosokkon pada kulit kepala yang anda basahi. Kemudian anda bilas sampai hilang. Awalnya rambut akan kering, namun berangsur-angsur rambut anda akan kembali lembut dan alami seperti sedia kala.

9. Sinar matahari.

Luangkan sedikit waktu terkena sinar matahari untuk melawan ketombe. Sinar matahari membantu menekan jamur yang menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Demikian informasi kali ini tentang tips atau cara mengatasi ketombe secara alami dengan obat tradisional disekitar kita, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Baca juga






Artikel Menarik Lainnya :