7 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh

by | Tuesday, January 20, 2015




7 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh - Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Kita sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidup. Secara fisik manusia bisa bertahan sekitar kurang lebih delapan minggu tanpa makanan, tapi manusia hanya bisa hidup tanpa air alias menahan haus hanya hingga maksimal tiga sampai lima hari saja. Hidup tanpa air sangat amat berbeda dengan hidup tanpa makanan. Apa bedanya? Begini, jika memang tidak terdapat air dan kondisi sangat panas maka dehidrasi bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat kurang lebih hanya satu jam saja. Karena itu, manusia bisa saja meninggal dalam waktu hitungan jam karena tidak adanya pasokan air dan berada dalam kondisi yang sangat panas. Tetapi jika kondisi di lingkungannya tidak terlalu panas atau dingin, seseorang bisa bertahan hingga sampai lima hari. Baca juga : Manfaat Mengunyah Permen Karet

Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh


Air mineral merupakan minuman yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 55% hingga 78% air. Fungsi air dalam tubuh sangat banyak dan sangat berperan penting sekali dalam beberapa hal di antaranya proses pencernaan, sirkulasi, penyerapan, produksi air ludah, mempertahankan suhu tubuh, dan juga transportasi nutrisi. Idealnya, memang air mineral sangat dibutuhkan untuk seluruh organ tubuh pada manusia untuk menunjang berbagai aktivitas yang sedang dilakukan.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Dengan mengkonsumsi air yang cukup, akan sangat membantu kerja organ pencernaan seperti usus besar yang berfungsi untuk mencegah susah buang air besar. Selain itu juga air dapat embantu menyerap berbagai nutrisi yang berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

2. Memperlancar Sirkulasi Darah

Air sangat berperan penting dalam memperlancar darah. Darah dalam tubuh kita terdiri dari kurang lebih 90% air. Bayangkan bila tubuh manusia kekurangan air, makan otomatis darah akan menjadi lebih kental dari biasanya. Pengentalan darah ini membuat persediaan oksigen yang akan diantar ke otak berkurang. Hal ini memungkinkan terjadinya stroke. Pengentalan darah juga dapan merusak fungsi ginjal karena ginjal terus dipaksa untu bekerja keras menyaring darah yang apabila dilakukan dalam jangka waktu panjang dapat memicu terjadinya kanker usus besar akibat sisa-sisa makanan yang terdapat pada usus besar telah mengeras.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah meminum air mineral yang cukup setiap harinya. Ketika air diminum dan masuk ke dalam aliran darah, hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah. Ketika ketebalan pembuluh darah menurun, maka resiko terkena serangan jantung yang dipicu oleh pembekuan darah pun akan semakin berkurang. Dengan meminum air mineral yang cukup setiap harinya dan diikuti oleh pola hidup yang sehat dan teratur, maka bisa mengurangi dan mencegah terserang penyakit jantung.

4. Awet Muda

Percaya dengan minum air mineral yang cukup dapat membuat Anda terlihat jauh lebih muda? Ya, benar sekali. Meminum air mineral dengan dosis yang cukup setiap harinya dapat membuat kita terlihat awet muda karena air mineral mengandung berbagai macam mineral dan air sendiri tidak mengandung kalori, dalam hal ini gula dan lemak. Meminum cukup air akan mencegah kulit kering dan terjaga kelembabannya, yang mana juga mencegah terjadinya kerutan pada kulit terutama kulit wajah karena terjaganya elastisitas pada kulit.

5. Menjaga Berat Badan Tubuh

Bagi kebanyakan orang, memiliki berat badan tubuh yang ideal merupakan suatu hal yang sangat sulit mendapatkannya. Bagaimana dengan meminum air? Konsumsi air dalam jumlah yang cukup yaitu meminum sekitar delapan hingga sepuluh gelas per harinya atau sama dengan 1,8 liter air adalah salah satu upaya untuk menjaga tubuh memiliki cairan yang cukup, memperlancar metabolisme lemak, dan membakar kalori lebih banyak.

6. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala disinyalir sebagai kedaan dimana tubuh merasa sedang haus dan butuh air. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah kekurangan tidur, stres, kecemasan yang berlebih, dan kekurangan kadar air dalam tubuh. Untuk itu usahakan jangan dehidrasi dan sangat dianjurkan untuk memninum air secukupnya. Bagaimana cara mengetahui kadar air yang kurang dalam tubuh? Bisa dilihat dari urine yang keluar berwarna keruh atau oranye.

7. Tulang Lebih Kuat

Air sangat dibutuhkan oleh tulang rawan berikut dengan sendi yang umumnya membutuhkan air. Jika tulang tersebut kekurangan air dalam jumlah yang banyak maka tulang akan menipis dan tidak dapat melindungi sendi-sendi dengan baik. Hal ini mengakibatkan sendi dan tulang terasa sakit atau terasa ngilu. Konsumsi air mineral yang cukup akan mengurangi resiko sakit pada persendian dan tulang.

Nah, demikian tujuh manfaat dari mengkonsumsi air mineral. Mulailah mengkonsumsi air mineral yang cukup setiap hari secara teratur karena yakinlah akan berbagai macam manfaat lain yang positif dari konsumsi air mineral ini. Budidayakan hidup sehat dengan cara-cara yang mudah yang bisa dijadikan kebiasaan baik. Hidup sehat itu mudah apabila dijalani dengan kemauan dan niat. Selamat mencoba!
(Kontributor : Cita Pratiwi)






Artikel Menarik Lainnya :