Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

by | Wednesday, February 24, 2016




Zonanesia - Setiap orang pada dasarnya memerlukan investasi, karena dengan investasi setiap orang dapat mempertahankan dan memperluas basis kekayaannya yang dapat digunakan sebagai jaminan sosial di masa depannya. Seseorang sering tidak menyadari jika dirinya telah melakukan investasi, misalnya dengan menabung, membeli rumah, membeli emas, dan sebagainya. Agar tak terjebak melakukan investasi ke dalam portofolio ‘sampah’, atau bahkan ditipu oleh pihak yang tak bertanggung jawab dengan iming-iming menarik, Anda harus mengedepankan rasionalitas dan memahami betul risiko yang dihadapi dalam berinvestasi. Karena banyak sekali jenis dan macam investasi jadi harus pandai melihat ke sektor mana kita akan menanamkan saham kita. Jangan sampai terbuai dengan iming-iming menarik yang tinggi, tapi uang Anda habis sia-sia. Lalu apa sih pengertian investasi itu?

Investasi atau yang lazim disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal merupakan komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Dengan demikian istilah investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau perbelanjaan penanam-penanaman modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan-perlengkapan untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian. Pertambahan jumlah barang modal ini memungkinkan perekonomian tersebut menghasikan lebih banyak barang dan jasa di masa yang akan datang. Adakalanya penanaman modal dilakukan untuk menggantikan barang barang modal yang lama. Yang telah haus dan perlu didepresiasikan.

investasi bisnis


Secara sederhana investasi bisa diartikan sebagai salah satu bentuk penanaman modal dengan tujuan pembelian asset yang diharapkan bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang. Pada dasarnya istilah investasi tidak hanya dikaitkan dengan bidang ekonomi bisnis saja, melainkan bisa dikaitkan dengan berbagai macam aktivitas. Umumnya, aktivitas investasi sejumlah dana berupa asset real berupa mesin, emas, tanah, obligasi maupun asset finansial berupa deposito atau saham. Investasi bisa dijadikan salah satu pilihan untuk memperoleh penghasilan lebih tinggi di kemudian hari. Yang terpenting dari penanaman investasi adalah harus memiliki ketersediaan dana atau asset dan harus bisa berkomitmen untuk mengikatkan asset.

Nah berikut ini adalah beberapa pengertian investasi menurut para ahli :
  1. Menurut Hamid, investasi adalah kegiatan penanaman modal baik langsung maupun tidak langsung dengan harapan pemilik modal mendapatkan keuntungan dari hasul penanaman modal tersebut.
  2. Menurut Ferdie Darmawan, investasi adalah salah satu pilihan untuk mencapai kebebasan finansial yang tida dibatasi oleh kesibukan, waktu, dan usia.
  3. Menurut jones, investasi adalah penempatan dana pada sebuah atau sekumpulan asset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh peningkatan nilai investasi.
  4. Menurut Losina Purnastuti, investasi adalah komponen pengeluaran terbesar kedua setelah konsumsi.
  5. Menurut Dhuwita, investasi adalah meningkatkan kesejahteraan investor, baik sekarang maupuan di masa yang akan datang.
  6. Menurut Sharpe, investasi adalah mengorbankan asset guna mendapatkan asset yang lebih besar di masa yang akan datang.
  7. Menurut Reilly dan Brown, investasi adalah komitmen meningkatkan asset untuk masa depan untuk mendapatkan penghasilan yang mampu mengompensasi pengorbanan investor.
  8. Menurut Joko Salim, investasi adalah mengelola kelebihan dana untuk memperoleh dana yang lebih besar.
  9. Menurut M. Syakir Sula, investasi adalah menanamkan asset, harta atau dana, pada sesuatu dengan harapan akan memberikan hasil pendapatan atau meningkatkan nilai di masa yang akan datang.
  10. Menurut Sapto Raharjo, investasi adalah penggunaan dana atau modal untuk pembelian instrument, seperti saham, obligasi, properti, dan lainnya.


Pihak-pihak yang melakukan investasi biasa disebut dengan istilah investor. Dalam pengertian investasi menurut para ahli, keberadaan investor sangat penting dalam kegiatan investasi. Investor bisa dibagi menjadi dua, yakni investor individu dan investor institusi. Investor individu adalah investor yang dilakukan oleh perorangan. Sedangkan investor institusi adalah investor yang melakukan penanaman modal secara kelompok atau badan, terdiri atas perusahaan-perusahaan asuransi, bank, lembaga simpan pinjam, dan perusahaan investasi. Baca juga Pengertian Asuransi






Artikel Menarik Lainnya :