Tips Cara Menyembuhkan atau Mengurangi Mata Minus

by | Wednesday, March 2, 2016




Zonanesia - Mata minus atau miopi atau rabun jauh adalah suatu keadaan dimana penderitanya tidak bisa melihat benda-benda yang berjarak jauh. Sehingga ketika ia melihat benda dari jarak jauh akan terlihat tidak jelas, buram atau menjadi samar-samar. Ini terjadi akibat dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur. Umumnya, rabun jauh terjadi disebabkan oleh perubahan kelengkungan kornea atau kelainan bentuk lensa mata serta memanjangnya sumbu bola mata yang mengakibatkan mata berubah menjadi bentuk bulat telur. Seiring bertambahnya panjang sumbu bola mata maka tingkat mata minus pun akan bertambah.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi resiko terjadinya miopia atau rabun jauh, antara lain :

1. Faktor Keturunan.

Sebagian besar kasus rabun jauh disebabkan oleh penurunan sifat dari orang tua.


2. Faktor Etnis.

Menurut survei ternyata, orang Asia memiliki kecenderungan miopia yang lebih besar (70% - 90%) dari pada orang Eropa dan Amerika (30% - 40%). Paling kecil adalah Afrika (10% - 20%).


3. Faktor Kebiasaan yang tidak sehat, misalnya:

- Kebiasaan melihat jarak dekat secara terus menerus.
- Membaca sambil tiduran.
- Membaca di tempat dengan penerangan kurang atau gelap.
- Membaca terlalu lama tanpa beristirahat.
- Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.
- Terlalu lama bekerja di komputer.
- Nonton televisi terlalu dekat
- Main game dengan TV besar dan jarak dekat, dll.

mata minus


Untuk mengobati rabun jauh hal yang dapat kita lakukan adalah dengan Operasi Lasik. Dengan operasi lasik, lensa mata bisa diperbaiki hingga normal kembali. Sayangnya biaya operasi lasik masih mahal sehingga tidak semua orang bisa membayarnya. Disamping itu, sebagian orang juga ada yang takut dioperasi.

Berikut ini beberapa tips kesehatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan atau mengurangi mata minus secara alami yang bisa Anda aplikasikan di rumah :

Pertama, mengobati mata minus menggunakan terapi. Terapi ini merupakan terapi untuk mengobati mata minus secara alami yang dikembangkan di Singapura. Lakukan secara teratur dan setiap saat ketika ada kesempatan, lama kelamaan mata minus Anda mungkin bisa berkurang, simak langkah-langkahnya berikut ini :

- Cipratkan air secukupnya hingga membasahi dua mata
- Berdiri tegak, miringkan badan ke kanan dan ke kiri sebanyak sepuluh kali
- Gelengkan kepala ke atas dan ke bawah sebanyak sepuluh kali
- Gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan sebanyak sepuluh kali
- Putar kepala ke kiri menuju ke kanan dan sebaliknya sebanyak sepuluh kali
- Cipratkan air secukupnya hingga membasahi dua mata
- Geser mata melirik ke atas dan ke bawah sebanyak sepuluh kali
- Geser mata melirik ke kanan dan ke kanan, rentangkan jari tangan sebagai titik yang harus dilirik sebanyak sepuluh kali
- Putar mata ke kiri menuju ke kanan dan sebaliknya sebanyak sepuluh kali
- Cipratkan air secukupnya hingga membasahi mata
- Pijat daerah sekeliling mata dengan satu jari dari tiap tangan secara bersama-sama sebanyak sepuluh kali. Pijatan dilakukan pada dua mata secara bersamaan dan gerakan berakhir kedua kedua tangan saling bertemu.


Kedua, Cara menyembuhkan mata minus .menggunakan daun sirih

Untuk mengatasi mata minus menggunakan daun sirih ada dua cara, yaitu :
1. dengan menempelkan daun sirih pada permukaan mata ketiku sedang tidur.
2. dengan mencelupkan daun sirih pada air panas dan setelah air menjadi hangat suam, air tersebut digunakan untuk mencuci mata dengan cara mengedip-ngedipkan mata di permukaan air atau dirimbang.


Ketiga, Mengobati mata secara alami dengan melihat objek jauh

Dengan melatih mata untuk melihat benda-benda yang jauh secara bertahap, ketidakmampuan ini lambat laun akan menghilang. Cobalah cari objek jauh yang bergerak misalnya burung, kemudian amati dengan seksama. Telusuri setiap gerakannya dan usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.

- Tips lain yang jauh lebih efektif adalah dengan sering melihat pemandangan hijau. Usahakan minimal seminggu sekali anda melihat-lihat hamparan pemandangan hijau di sawah atau pegunungan, karena kegiatan ini sangat efektif untuk cara mengobati mata minus secara alami

- Jika anda setiap hari berada di depan layar komputer, pastikan terlebih dahulu monitor layar anda bekerja dengan cahaya yang baik. Tidak terlalu gelap dan terlalu terang. Sisihkan waktu 30 menit untuk mengistirahatkan mata untuk tidak melihat layar monitor tersebut. Lihatlah obyek di sekeliling anda seperti, mouse, keyboard ataupun sesekali berjalan - jalan.


- Melakukan terapi lilin. Percaya tidak percaya lilin mampu mengurangi tingkat minus mata dengan cara yang sederhana, yaitu nyalakan lilin dan lihat secara fokus lilin tersebut tanpa berkedip. Usahakan tidak terlalu sering berkedip hingga banyak air mata yang keluar. Meskipun hal tersebut sepele, namun beberapa sumber mengatakan hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi tingkat minus mata.

- Membersihkan mata secara rutin dengan menggunakan obat tetes mata yang sudah banyak sekali beredar di apotek.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda semua. Manfaat Tidur dalam Ruangang Gelap






Artikel Menarik Lainnya :