Macam-Macam Usaha Bisnis Sampingan untuk Karyawan

by | Wednesday, February 17, 2016




Zonanesia - Bekerja di sebuah perusahaan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang karena kita dapat memiliki penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jenjang karir, jaminan kesehatan dari perusahaannya, dan beberapa kelebihan lainnya. Selain memberikan kelebihan, di sisi lain ada juga beberapa kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti : adanya resiko dipecat bila tidak bekerja maksimal, peluang karir karyawan yang terbatas, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan. Karena itulah yang menyebabkan banyak karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya.

Lalu apa sajakah peluang usaha yang bisa kita maksimalkan? Sebenarnya banyak sekali usaha yang bisa dilakukan oleh karyawan. Namun sebaiknya pilihlah usaha yang mudah dijalankan agar tidak mengganggu pekerjaan dan yang paling penting adalah waktu yang fleksibel yang di gunakan untuk menjalankan bisnis atau usaha ini. Nah berikut adalah Macam-Macam Usaha atau Bisnis Sampingan untuk Karyawan :

bisnis sampingan


1. Bisnis Online

Bisnis online merupakan jenis bisnis yang dilakukan dengan sarana koneksi internet, dapat dikerjakan di mana saja, dan kapan saja. Banyak sekali peluang usaha sampingan ini misalnya Anda dapat menjual barang secara online, membuat atau menjual blog/website, program afiliasi, jasa membuat blog, dengan memasang iklan ppc di blog Anda, dan lain-lain.


2. MLM (Multi Level Marketing)

Bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar dikarenakan tidak membuat waktu dan tenaga karyawan terikat untuk menjalankan usaha sampingan ini. Asalkan Anda cukup gigih dan memilih jaringan yang luas, Anda bisa mengantongi pendapatan yang besar. Ada banyak sekali jenis usaha sampingan MLM dari produk harian, produk kesehatan, produk jasa asuransi, jasa investasi, dll. Anda dapat memilih jenis produk yang sesuai dengan karakter orang-orang di sekitar anda.


3. Beternak hewan

Cara ini bisa Anda gunakan jika memiliki lahan yang luas untuk beternak hewan, misalnya ayam, ikan, kambing, sapi, kelinci, jangkrik, dll.


4. Jual Pulsa

Dengan menjamurnya pengguna handphone di Indonesia, maka menjual pulsa bisa dijadikan bisnis alternatif yang dapat dilakukan. Bagaimana tidak? saat ini hampir semua orang memiliki Hp bahkan satu orang tidak hanya mempunyai 1 hape malah biasanya 2 sampai 3 hp. Bisnis ini merupakan salah satu ide yang hebat. Ini dikarenakan usaha sampingan modal kecil yang menjanjikan. Buat karyawan dikarenakan cukup dengan handphone yang anda miliki, anda bisa bekerja sambil menjual pulsa kepada teman-teman anda di kantor. Anda tidak hanya dapat menjual kepada teman sekantor namun juga dapat menjual kepada teman-teman dekat anda yang mungkin lokasinya jauh dari anda. Mereka dapat membayar pulsa melalui sms banking atau internet banking ke rekening anda ketika anda mengirim pulsa ke handphone teman-teman anda.


5. Bisnis Kursus,

Apabila Anda memiki keahlian khusus di bidang tertentu bisa mencoba bisnis sampingan ini. Misalnya bila pandai di bidang IT, dapat membuka kursus komputer. Apabila Keahlian Anda bermain alat musik maka dapat membuka kursus memainkan alat musik. Bila pandai berbahasa inggris dapat membuka kursusan Bahasa Inggris atau apapun keahlian anda dapat digunakan. Namun sebelum kita menjalankan peluang usaha sampingan tersebut, pastikan bahwa Anda memang seorang yang cukup mahir dalam bidang tersebut.


6. Usaha Rental PS atau Warnet

Selain berjualan pulsa Anda juga bisa membuka usaha lain misalnya rental PS atau Warnet yaitu dengan menyewa atau membeli kios atau Ruko, Anda juga dapat menjalankan 2 bisnis sekaligus. Anda dapat membuka rental ini tiap sore ketika pulang kerja. Atau anda bisa mempekerjakan orang untuk menjaga rental ini.


7. Bisnis Makanan / Kuliner

Makan merupakan kebutuhan dasar untuk setiap manusia. Itu adalah salah satu alasan bahwa usaha makanan selalu menjanjikan. Bidang kuliner dan makanan bisa dijadikan alternatif usaha sampingan karena peminat produk makanan cukup banyak. Jika membuka restoran atau warung terlalu berat untuk Anda, usaha sampingan bisa dilakukan dengan berjualan kecil-kecilan atau membuat makanan yang tidak terlalu berat namun banyak dicari. Misalnya : bisnis makan ringan, kue kering, atau menjadi reseller makanan ringan.

Baca juga : Manfaat Asuransi

Demikianlah artikel tentang macam-macam usaha sampingan untuk karyawan, Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. semoga postingan ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua, salam sukses!!!.






Artikel Menarik Lainnya :