Perbedaan Processor Intel dan AMD

by | Friday, February 19, 2016




Perbedaan Processor Intel dan AMD - Berbicara masalah processor pasti yang muncul dalam benak Anda adalah antara Intel dan AMD (Advance Micro Device). Ya, memang dua merk dagang inilah berhasil menguasai pasar dunia saat ini dan semuanya berasal dari Amerika Serikat.

Apa sih Processor itu?

Processor atau dalam bahasa Indonesia disebut 'Prosesor' atau yang lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit) atau otak dari Komputer adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer digunakan sebagai pusat pengendali komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Tanpanya Komputer atau Pc Anda tidak dapat berfungsi/berjalan.

baca juga : Manfaat Asuransi

Sejarah

Pada awalnya AMD memang hanya membuat prosesor dengan meniru teknologi Intel dan atas izin pihak Intel tentunya. Namun, karena ada sesuatu hal, maka terjadi persengketaan yg cukup sengit antara Intel dan AMD dan pengadilan mengharuskan AMD mengembangkan sendiri teknologi pembuatan prosesornya. Sejak itulah para enginer AMD terpaksa bekerja keras untuk membuat prosesor sendiri agar tidak dituduh menjiplak prosesor Intel. Dan akhirnya mereka pun berhasil membuat prosesor yang bisa mengimbangi Intel, bahkan dalam suatu periode waktu tertentu procesor mereka mampu mengungguli intel.

intel dan amd


Hingga saat ini keduanya masih menjadi primadona dalam hal penjualan dan pemasaran. Tapi apabila Anda masih bingung dalam memilih antara processor Intel atau AMD, simak ulasannya berikut ini karena Keduanya sama baiknya serta memiliki ciri khas serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dan inilah Perbedaan Processor Intel dan AMD Lebih Bagus Mana? lihat ulasannya berikut ini :

  1. Intel menang di brand image dan pemasaran-nya.
  2. Harga AMD cenderung lebih murah dibanding Intel.
  3. Untuk kebutuhan multimedia dan perkantoran, intel mungkin lebih baik daripada AMD.
  4. Untuk kebutuhan game 3D dan grafis, AMD diakui lebih baik daripada intel
  5. Dalam uji performannya ternyata prosesor intel lebih kuat daripada prosesor AMD.
  6. Intel dipercaya lebih hemat daya dari AMD
  7. Sebenarnya AMD juga memiliki performa yang tidak kalah dari intel. Processor AMD juga bisa secepat kilat. Sayangnya, processor AMD menyerap daya yang lebih banyak.
  8. intel dapat mengatur temperaturnya sendiri sehingga bila panas kecepatan dapat menurun.
  9. Cepat panas, namun kini masalah tersebut sudah mulai diperbaiki AMD.
  10. Kekurangan intel secara pasti adalah sulit diperbaiki bila sudah rusak. Hal ini disebabkan antara processor dan motherboardnya menyatu. Bilapun bisa diperbaiki memerlukan biaya yang mahal.
  11. Kelebihan yang dimiliki AMD disbanding intel adalah kecepatan transfer data yang luar biasa karena menggunakan teknologi penggAndaan bus.
  12. AMD juga dapat mengakses memori secara langsung tanpa melewati chipset northbridge.
  13. Kemampuan mendeteksi virus processor AMD patut dijadikan pertimbangan untuk memilih produk ini. Dengan kemampuannya tersebut ia tidak akan membuka akses bervirus sehingga lebih aman atau jauh dari kerusakan. Kemampuan ini tidak dimiliki processor intel.
  14. AMD menggunakan sistem Cool n’ Quiet yang memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan
  15. tidak semua game kompatibel dengan prosesor AMD.


Nah itulah Perbedaan Processor Intel dan AMD yang mungkin Anda belum ketahui semoga dapat bermanfaat. Tips dari saya adalah jika Anda mau menggunakan Laptop atau Pc untuk bekerja di kantor sebaiknya pilih Processor Intel sedangkan untuk Anda yang hobi bermain game 3D dan grafis yang mengagumkan pilih Prosesor AMD.






Artikel Menarik Lainnya :