Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

by | Friday, January 8, 2016




Manfaat Mengunyah atau Makan Permen Karet untuk Kesehatan - Siapa sih yang tidak kenal dengan permen yang satu ini ya bentuknya lengket dan biasanya digunakan untuk menjahili orang dengan cara menempelkannya di kursi. Pada umumnya, setiap orang beranggapan bahwa mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain itu, menelan permen karet juga bisa menyebabkan pencernaan menjadi rusak karena permen karet sulit dicerna. Setelah dilakukan penelitian ternyata permen karet mempunyai banyak manfaat. Nah, berikut uraian singkat mengenai manfaat dan fungsi permen karet.
makan permen karet


Manfaat Permen Karet untuk Gigi :

- membersihkan rongga mului dan gigi sehingga mengurangi resiko terbentuknya plak-plak gigi.
- menetralisir bau mulut dan menyegarkan mulut.
- membuat gigi menjadi lebih putih dan rahang kuat, serta menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi.


Manfaat Permen Karet untuk otak :

- Mengunyah akan merangsang sinyal dibagian otak tengah
- Permen karet dapat menambah kekuatan konsentrasi
- meningkatkan daya ingat.


Menurunkan berat badan :

Mengunyah permen karet dapat menbantu membakar kalori, terutama jika yang dipilih adalah permen karet yang bebas gula. Selain itu dengan mengunyah permen karet dapat mengontrol rasa lapar sehingga sangat baik bagi yang sedang melakukan diet.


Mengurangi stress

Saat mengunyah permen karet otot menjadi tidak tegang dan melepaskan tensi serta membantu anda merasa nyaman dari kondisi stress.


Mengurangi Kantuk

Malas-malasan pergi ke kampus atau ke tempat kerja? Kunyah saja permen karet. Sebab penelitian dari Coventry University menyebutkan kalau mengunyah permen karet mampu membuat Anda lebih sadar dan tidak mengantuk lagi.


Baik untuk pencernaan

Ketika mengunyah permen karet, anda akan mengeluarkan banyak liur dan membuat kita sering menelan. Air liur yang turun kedalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.


Mengencangkan kulit wajah :

Saat mengunyah, otot-otot wajah kita bergerak hal ini dapat mengencangkan kulit wajah sehingga memperlambat keriput diwajah.


baca juga Manfaat Tidur di Ruang Gelap

Selain memiliki banyak manfaat ternyata permen karet juga dapat merugikan kita, jika mengkonsumsi permen karet tidak dalam jumlah dan jenis yang benar. antara lain :

Merusak Gigi

Pada waktu makan permen karet, gula tinggal didalam rongga mulut dalam waktu lama, maka bakteri dalam rongga mulut akan merubah gula menjadi asam yang mengurai kalsium gigi (email gigi) sehingga merusak email gigi.


Memicu nyeri pada rahang

Mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan munculnya gejala temporomandibular joint (TMJ), atau nyeri pada rahang akibat otot dan sendi yang menghubungkan rahang bawah dengan tengkorak terlalu sering digunakan.


Melepaskan merkuri ke dalam tubuh

Ini berlaku untuk orang-orang berkawat gigi yang gemar makan permen karet. Perlu diketahui bila tambalan pada kawat gigi terbuat dari kombinasi antara perak, merkuri dan timah. Gawatnya, mengunyah permen karet dapat melepaskan merkuri dari tambalan itu ke dalam tubuh. Padahal kadar merkuri yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan neurologis seperti penyakit kronis dan gangguan mental.


Tips mengonsumsi permen karet dengan baik

Para ahli menyarankan agar anak-anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan tidak melampaui 10-15 menit. Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol dibanding pemanis lain. Karena xylitol memiliki rasa dan nilai gizi yang sama dengan gula namun tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga aman untuk gigi.






Artikel Menarik Lainnya :